Objek Wisata Air Terjun Pengantin di Ngawi

Ingatkah kita tentang film horror yang berjudul Air Terjun Pengantin yang sempat booming beberapa tahun lalu? Film ini mengangkat ceritera sebuah misteri tentang Air Terjun Pengantin. Ternyata Air Terjun yang terletak di Ngawi ini beneran ada loh. Nama objek wisata air terjun ini adalah Air Terjun Pengantin Ngrambe.

Sebetulnya air terjun ini juga memiliki nama lain yakni Air Terjun Jumog. Air Terjun Pengantin ini letaknya tersembunyi dibalik perkebunan teh Jamus yang cukup menawan. Disebut Air Terjun Penganten karena memiliki dua buah air terjun yang berpasangan. Air terjun kembar yang berdekatan ini memiliki tinggi sekitar 12 meter.
tempat wisata air terjun pengantin ngawi

Lokasi Wisata Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Lokasi Air Terjun Pengantin tak jauh dari pusat Kota Ngawi. Hanya butuh waktu kurang lebih tiga jam perjalanan saja dari pusat kota Ngawi.

Selain bisa berkunjung ke Air Terjun Pengantin, kita juga bisa menikmati sejuknya perkebunan teh Jamus yang menjadi ikon wisata dari Kabupaten Ngawi. Selain itu kita juga bisa berkunjung ke Goa Jepang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jarak ketiga lokasi wisata tersebut juga cukup dekat kok. Jadi sekali datang kita bisa mengunjungi tiga lokasi wisata sekaligus.

Tiket Masuk Air Terjun Pengantin

Harga tiket karcis untuk bisa memasuki tempat wisata satu ini cukup murah pake banget. Bayangkan, hanya dengan membayar sebesar Rp. 2.500 saja kita sudah bisa menikmati indahnya air terjun yang cantik ini. Memang air terjun yang berpasangan ini masih belum sehits air terjun yang berada di beberapa daerah lain. Namun seiring waktu, air terjun Ngrambe ini akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Ngawi. Obyek wisata air terjun pengantin buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore hari.
air terjun pengantin ngawi ngerambe

Rute Menuju Air Terjun Pengantin

Untuk sampai ke tempat wisata ini aksesnya cukup mudah dijangkau. Perjalanan menuju lokasi juga melalui jalan beraspal. Kita bisa menggunakan kendaraan roda dua/empat. Dengan memanfaatkan kendaraan umum pun kita bisa mencapai lokasi dengan mudah. Setelah sampai pengunjung harus menuruni anak tangga yang lumayan jauh.
Dari Arah Madiun, Magetan, Ngawi
Ambil jalur Ngawi >> Paron >> Jogorogo >> Pasar Ngrambe. Setelah Pasar Ngrambe ambil jalan menuju ke Desa Hargomulyo. Atau pertigaan 100 meter timur pasar Ngrambe ke selatan sampai di Pertigaan SDN HARGOMULYO 2. Nanti dari pertigaan, cukup lurus saja sekira 500 meter. Tinggal ikuti petunjuk papan arah sampai di loket masuk.
Akses kendaraan umum: naik bus Jaya Agung jurusan Ngawi-Ngrambe dari Terminal Kertonegoro Ngawi. Atau bisa bus engkel kecil turun di Pasar Ngrambe dan sambung Ojek sampai di lokasi.

Dari arah Widodaren, Jalan Raya Solo-Surabaya
Ambil jalur Terminal Gendingan >> Walikukun >> Pasar Ngrambe. Setelah pasar Ngrambe ambil jalan menuju ke Hargomulyo. Sampai di Pertigaan SDN HARGOMULYO 2 tinggal lurus sekira 500 meter menuju loket masuk.
Akses kendaraan umum: naik bus Andy’s Kencono atau Gaya Kerja dari Terminal Gendingan. Nanti turunnya di Pasar Ngrambe. Dan sambung Ojek menuju lokasi

Dari arah Sragen, Jalan Raya Solo-Surabaya
Ambil jalur Sragen >> SPBU Tunjungan >> Winong >> Sine >> Pasar Ngrambe. Setelah pasar Ngrambe ambil arah Hargomulyo. Sampai di SDN HARGOMULYO 2 cukup lurus saja mengikuti arah papan petunjuk menuju lokasi.
Akses kendaraan umum: naik bus Harta Sanjaya jurusan Sragen-Sine dari Terminal Pilangsari. Nanti turun Sine, sambung dengan Colt/ Andys Kencono turun di Pasar Ngrambe. Atau bisa juga dengan menumpang bus Gaya Kerja jurusan Sragen-Ngrambe. Setelah itu turun di pasar Ngrambe dan ganti ojek menuju lokasi.
Rute air terjun pengantin ngawi

Cerita Misteri / Mitos?

Sekarang kita akan berbicara sedikit mengenai misteri yang ada di Air Terjun Pengantin ini. Benarkan isu yang beredar bahwa Air Terjun Pengantin itu angker dan berhantu? Seperti yang diceritakan oleh film yang berjudul sama dengan nama Air Terjun ini? Sebenarnya Air Terjun Pengantin ini tidaklah seseram seperti yang diceritakan oleh film Air Terjun Pengantin. Dan bahkan Air Terjun Pengantin ini sangatlah cantik. Tak ada hal-hal mistis yan perlu kita takuti jika mengunjungi tempat ini.

Nama Air Terjun Pengantin sendiri diambil dari adanya dua Air Terjun yang letaknya berdampingan. Seperti sepasang pengantin yang berdiri bersebelahan di pelaminan. Nah menurut mitosnya nih, jika kalian yang masih pacaran datang ke Air Terjun Pengantin ini dengan pasangan kalian maka hubungan kalian akan awet. Dan jika sepasang suami istri datang Air Terjun Pengantin maka suami istri tersebut akan aet rumah tangganya. Nah kalau buat kalian yang lagi jomblo bisa tuh ajak teman atau gebetan yang kalian taksir buat datang kesini. Bisa jadi kalian akan jadian hehe. Eh tapi perlu diingat ya buat kalian yang sedang berkunjung ke Air Terjun Pengantin dilarang untuk melakukan hal-hal yang tak senonoh. Ini sangat dilarang untuk dilakukan diarea ini. Bagaimanapun juga kita harus menghormati tempat wisata ini dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan.

Selain mitos tersebut yang menjadi daya tarik wisatwan untuk berkunjung ke Air Terjun Pengantin ini, keindahan alam yang dimiliki oleh sepasang air terjun ini juga tak kalah menarik loh. Suara gemericik air dari dua air terjun ini dijamin akan bikin penat dan stress kita jadi hilang. Apalagi jika kalian mau bermain air dan berendam di bawah air terjun ini, wah dijamin stress akan langsung hilang. Pikiran akan jadi langsung fresh kembali.

Nah perlu diketahui ya agar kita bisa sampai di Air Terjun Pengantin ini, kita harus melewati jalan setapak yang masih belum diaspal. Jadi akan sangat becek dan sulit dilewati jika pada musim penghujan. Jadi disarankan agar tidak berkunjung Air Terjun Pengantin pada saat musim penghujan. Selain jalan yang becek dan sulit dilalui, juga berbahaya jika tiba-tiba datang air yang besar yang berakibat pada pada banjir di area Air Terjun Pengantin.

Bagaimana penasaran dengan keindahan Air Terjun Pengantin Ngawi ini? Ayo ajak pasangan kalian untuk berlibur ke Air Terjun Pengantin ini.

Leave a Reply