Air Terjun Sipiso Piso, Curug Tertinggi Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso Piso merupakan salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian yang sangat fantastis, yaitu sekitar 120 meter. Dengan ketinggian tersebut, air terjun ini tergolong sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.
air terjun sipiso piso air terjun sipiso piso tongging karo medan berastagi sumatera utara

Letak Air Terjun Sipiso Piso

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso berada di Kabupaten Karo, tepatnya di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Propinsi Sumatera Utara.

Jika kita berangkat dari pusat Kota Kabanjahe, lokasi air terjun ini berjarak sekitar 25 km dan bisa kita tempuh dalam kurun waktu 15-30 menit perjalanan.

Sedangkan jika kita berangkat dari pusat Kota Medan, air terjun ini dapat kita tempuh dalam kurun waktu 2,5-4 jam perjalanan (tergantung kondisi lalu lintas).

Untuk yang menggunakan transportasi umum dari Medan bisa menaiki bus umum dengan jurusan kota Kabanjahe. Setelah 2 jam perjalanan sampailah di Kabanjahe. Lalu ganti bus yang menuju jurusan danau Toba.

Akses Menuju Air Terjun Sipiso Piso

Akses jalan menuju ke Air Terjun Sipiso-Piso sudah tergolong cukup bagus. Dari Pusat Kota Kabanjahe sampai ke lokasi parkiran, jalannya sudah diaspal mulus.

Hanya saja, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki melalui ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Menurut warga setempat, jumlah anak tangga Sipiso-piso berkisar 650-700 buah. Tapi tenang, kondisi anak tangga menuju ke lokasi air terjun ini sudah disemen beton, sehingga bisa dilewati dengan mudah dan aman.
jumlah anak tangga jalan menuju air terjun sipiso piso

Pesona Alam Air Terjun Sipiso Piso

Pesona utama yang ditawarkan oleh curug cantik ini adalah air terjunnya yang sangat luar biasa. Karena tingginya yang mencapai 120 meter, dari jauh saja, kita pasti sudah langsung terpukau dengan keindahannya. Selain itu, di lokasi air terjun ini, kita juga bisa menikmati indahnya Danau Toba dari ketinggian.

Saat berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk turun ke lokasi air terjunnya secara langsung. Medan perjalanan yang harus dilewati untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini memang tergolong cukup berat. Biasanya, rata-rata lama perjalanan yang dibutuhkan dari tempat parkir ke area air terjun adalah 1 jam. Walaupun jauh dan memakan waktu lama, namun sesampainya di lokasi air terjun ini, semua pengorbanan kita tersebut pasti akan langsung terbayar lunas.

Satu hal yang harus kita ingat, jika kita ingin turun ke lokasi air terjun, kita kami sarankan untuk tidak menggunakan jalan potongan atau pun jalan alternatif. Kenapa? Karena mayoritas jalan potongan tersebut biasanya sangat curam dan berbahaya.

Selain itu, jangan lupa pula untuk turut membawa pakaian ganti. Pasalnya, karena derasnya debit air yang mengalir di air terjun ini, percikannya biasanya akan menimbulkan embun dan membuat pakaian kita basah.
objek wisata air terjun sipiso piso

Fasilitas Wisata di Air Terjun Sipiso Piso

Fasilitas wisata di objek wisata Air Terjun Sipiso-Piso sudah tergolong sangat lengkap. Dari mulai lahan parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya sudah tersedia di lokasi air terjun ini.

Untuk penginapan dan tempat ibadah, kita dapat mencarinya di Desa Tongging atau pun Desa Kabanjahe yang terletak tidak jauh dari tempat ini.

Oh ia, jika kita ingin membelikan oleh-oleh untuk anggota keluarga kita di rumah, di sekitar lokasi air terjun ini kita juga bisa menemui beberapa penjaja oleh-oleh khas Tanah Karo dengan harga yang relatif terjangkau.
harga tiket masuk air terjun sipiso piso

Tiket Masuk ke Air Terjun Sipiso Piso

Untuk bisa menikmati indahnya wisata air terjun ini, para pengunjung tidak dibebani biaya tiket masuk sama sekali. Satu-satunya biaya yang harus dikeluarkan oleh para pengunjung adalah biaya parkir kendaraan, yaitu sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

/* */