Curug Pangeran, Destinasi Wisata Berbau Mistis

Bogor memang terkenal menawarkan banyak sekali objek wisata menarik untuk dikunjungi. Dengan beragam destinasi wisata yang bisa didatangi, tak heran jika menjelang libur panjang tiba, Bogor selalu dipadati oleh para wisatawan. Seringkali jalan tol yang menuju Bogor akan mengalami antrian yang lumayan panjang. Ini merupakan hal lumrah yang terjadi jika kita berkunjung ke Bogor dihari libur. Nah, bagi kita para pecinta alam yang lagi liburan ke Bogor, ada satu tempat wisata yang wajib untuk kita kunjungi. Namanya adalah Curug Pangeran Pamijahan Bogor yang berlokasi di sekitar Gunung Bunder.

Kawasan Gunung Bunder sendiri memang terkenal memiliki banyak curug, antara lain Curug Seribu, Curug Cigamea, Curug Kirana, Curug Ngumpet, dan Curug pangeran. Lokasi Curug Pangeran dan Curug Ngumpet letaknya sangat berdekatan. Jadi ketika kita mengunjungi Curug Pangeran, sayang rasanya jika kita tidak sekalian mampir ke Curug Ngumpet. Kedua curug ini berada di daerah Pamijahan.

Curug pangeran pamijahan bogor

Curug Pangeran Pamijahan Bogor Jawa Barat

Fasilitas Curug Pangeran

Fasilitas yang ada di Curug Pangeran ini bisa dibilang sudah cukup lengkap. Sudah tersedia toilet dan juga mushola serta warung-warung makanan dan minuman. Jika kita ingin berlama-lama diarea ini kita juga bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar Curug ini. Atau jika tak ingin mengeluarkan banyak uang, kita juga bisa camping atau melakukan kegiatan outbond. Camping Ground disekitar Curug Pangeran ditemani api ungggun sungguh akan membuat pikiran kita fresh kembali.

Rute Curug Pangeran

Akses untuk menuju ke Curug Pangeran ini tidaklah sulit kok meskipun medannya berupa tanah yang berbatu. Dari pintu masuk wisata Gunung Bunder kita bisa langsung bertanya ke penjaga loket tentang arah menuju Curug Pangeran. Untuk yang membawa kendaraan dari Jakarta, kita bisa keluar di pintu tol lingkar luar Bogor. Ketika melewati fly over dan sampai pada traffic light pertama (LOTTE), langsung saja berbelok ke kiri arah Taman Yasmin. Saat di Terminal Bubulak, berbelok ke kanan. Ambil arah ke Kampus IPB Dramaga. Ketika di pertigaan Cibatok kita belok kiri. Dari sini, jarak ke lokasi wisata Curug Pangeran Bogor sekitar 15 km.
Akses menuju rute Curug Pangeran

Tiket Masuk Curug Pangeran

Berapa harga karcis untuk menikmati keindahan wisata curug ini? Agar bisa masuk ke Curug Pangeran kita akan dikenakan biaya tiket masuk terbaru tahun 2017 sebesar Rp.15.000 rupiah saja. Itu belum termasuk biaya parkir kendaraan kita ya. Dari loket pintu masuk Curug Pangeran kita masih harus berjalan sekitar 500 meter agar bisa sampai ke Curug Pangeran ini. Sepanjang perjalanan ini akan melihat panorama alam yang sangat indah.

Setelah kita tiba di Curug Pangeran kita akan melihat curug yang tidak terlalu tinggi. Tingginya kira-kira hanya 5 meter saja. Dibawah curug terdapat sebuah cekungan yang airnya berwarna hijau yang sangat jernih sekali. Disini kita bisa mandi atau bermain air sepuasnya karena airnya yang tak terlalu dalam. Saking jernihnya cekungan ini Nampak seperti kolam renang. kita juga bisa melompat dari atas air terjun jika kita mau. Hal ini mungkin dilakukan karena memang Curug Pangeran ini tidak terlalu tinggi. Jadi tidak berbahaya bagi kita.
Tiket masuk Curug Pangeran

Mitos & Misteri Curug Pangeran

Menurut cerita nama Curug Pangeran ini diambil karena Curug ini dulunya adalah petilasan dari seorang sahabat dekat dari anaknya Prabu Siliwangi. Namanya Raden Kian Santang. Konon, di Curug Pangeran ini masih sering terjadi hal-hal yang mistis. Banyak warga sekitar yang menuturkan bahwa pada malam-malam tertentu, seperti malam jumat misalnya, warga sering mendengar suara segerombolan orang yang sedang mandi di Curug Pangeran. Selain itu alunan merdu suara musik jaipong dan suara kereta kencana juga kerap terdengar di Curug Pangeran ini.

Namun meskipun kerap terjadi hal-hal mistis seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Di Curug Pangeran ini tidak memakan korban seperti yang terjadi di Curug Seribu. Dan yang unik dari Curug Pangeran ini adalah mitos bahwa orang yang sulit menemukan jodoh akan menemukan jodohnya jika mau mandi dan berendam disini. Nah benar atau tidaknya entahlah. kita bisa percaya atu tidak. Yang pasti jodoh ada yang menentukan. Penasaran untuk mandi dan berendam di Curug Pangeran ini? Ayo segera datang ke Curug Pangeran, Bogor, Jawa Barat.

Leave a Reply