Curug Seribu Pesona Eksotis Penuh Mistis

Wilayah Bogor merupakan salah satu kota yang terkenal banyak memiliki tempat-tempat wisata alam berupa curug. Menjelang akhir pekan ada banyak wisatawan dari luar kota yang berlibur ke Kota Hujan ini. Seperti kita tahu di hari libur panjang Bogor selalu dipadati oleh banyaknya orang berlibur. Salah satu objek wisata alam di Bogor yang menarik untuk dikunjungi adalah Curug Seribu. Air terjun eksotis ini menyimpan sejuta cerita misteri.

Curug Seribu Gunung Bunder merupakan curug tertinggi yang ada di Jawa Barat. Lokasi Curug Seribu ini berada satu tempat dengan wisata Gunung Bunder Kabupaten Bogor. Jadi bagi kita yang hendak naik ke Gunung Bunder, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir di Curug Seribu. Alamat lokasi posisi persisnya terletak di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Prop. Jawa Barat. Untuk bisa masuk ke area Curug Seribu kita bisa masuk melewati pintu masuk wisata Gunung Bunder.
Wisata Curug Seribu

Rute Curug Seribu

Akses dari kota Bogor hingga Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah berkisar sekitar 40km. Perjalanan dari pintu masuk wisata Gunung Bunder sekitar 3 kilometer. Sekitar 40 menit dengan berjalan kaki. Medannya pun cukup sulit. Mungkin bagi yang sudah terbiasa tracking ke gunung tak akan mengalami hambatan berarti ketika melewatinya. Jalanya berupa tanah dan berbatu. Kiri kanan jalan akan melihat tebing dan lembah yang curam. Jika beruntung, kita bisa melihat monyet-monyet liar yang bergelantungan dipohon. Jangan mencoba mengganggu jika tidak ingin dicakar atau digigit, karena monyenya masih liar.

Bagi yang akan berwisata kesini, sebetulnya ada 4 jalur yang bisa dipilih. Yang paling sering adalah melalui jalur Cemplang (Cibungbulang) – Pamijahan – Salak Endah. Alternatif rute lainnya melewati Cikampak-Salak Endah. Rute perjalanan Curug Seribu yang lain yakni Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah atau bisa juga mengambil jalur Cibatok-Salak Endah.

Curug Seribu Bogor

Jalur akses pejalan kaki ke Curug Seribu yang bersebelahan dengan lereng tebing curam

Misteri Curug Seribu

Nah sekarang kita akan bahas masalah misteri yang tersembunyi dibalik indahnya Curug Seribu ini. Curug Seribu memang terkenal kental nuansa mistisnya. Airnya begitu deras sehingga berbahaya. Bahkan dibawah air terjun sendiri terdapat tali pembatas yang membatasi area tertentu. Dan wisatawan sangat dilarang melewati batas tali itu. Jika itu dilanggar maka sesuatu yang buruk akan terjadi. Penjaga Curug Seribu akan meneriaki menggunakan pengeras suara jika ada wisatawan yang melewati tali pembatas. Ini semua demi keamanan wisawatan juga.

Selain itu dikatakan pula bahwa Curug Seribu sering memakan korban. Korban tenggelam dan mayatnya tidak muncul ke permukaan air. Hingga akhirnya harus menrunkan tim SAR untuk menemukannya. Yang menyelam ke dasar air pun tak boleh berlama-lama menyelam. Tidak boleh menyelam lebih dari lima menit. Jika lebih maka tubuhnya bisa membeku didalam air. Curug Seribu hanya dibuka hingga pukul 16.00. Tidak ada yang boleh berada di area Curug Seribu setelah melewati waktu tersebut. Bahkan penjual yang berada disekitar pun tak ada yang mau berada disitu.

Penjaga Curug Seribu juga mengatakan bahwa disini sering terjadi kesurupan. Dan tiap orag yang kesurupan selalu berwasiat bahwa saya (penjaga) harus selalu menjaga Curug Seribu dan selalu memperingati wisatawan agar tidak mendekati area sekitar curug yang dilarang. Wisatawan harus menghormati tempat ini. Oleh karena itu wisatawan yang berkunjung ke Curug Seribu dilarang berpikiran negative. Agar selalu selamat.

Rute ke Curug Seribu

Air Curug 1000 yang cukup deras

Harga Tiket Masuk Curug Seribu

Harga tiket karcisnya cukup murah, kalo ditotal kurang lebih hanya Rp. 15.000 saja. Kemudian kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Seribu. Untuk bisa masuk Curug Seribu kita akan dikenakan tiket lagi sebesar Rp. 5000 saja. Objek wisata ini dibuka setiap hari dari jam 08 pagi hingga pukul 4 sore.

Meskipun kelihatannya mistis dan angker, namun jangan salah. Pemandangan di Curug Seribu sungguh luar biasa indahnya. Disekitar Curug seribu ini terdapat beberapa sumber air kecil yang mengalir. Airnya sangat jernih jadi bisa langsung diminum. Kalau berkunjung ke Curug Seribu jangan lupa mencicipi segarnya air sumber yang masih fresh ini. Buat yang penasaran seperti apa Curug Seribu ini, bisa langsung mengunjunginya. Tapi harus hati-hati, lokasi Curug Seribu sedikit tersembunyi dibalik lembah-lembah yang curam.

Leave a Reply