Objek Wisata Danau Linting Deli Serdang Yang Penuh Misteri

Danau Linting merupakan sebuah objek wisata unik yang terletak di Provinsi Sumatera utara, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang. Danau ini merupakan salah satu dari dua danau di Indonesia yang memiliki air bersuhu hangat. Itulah kenapa kami menggolongkan tempat ini sebagai objek wisata unik.
danau linting

Lokasi dan Tiket Masuk ke Danau Linting

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasi danau ini ada di Desa Sibunga-bunga Hilir, kec. Sinembah Tanjung Mudah (STM) Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Bagaimana cara dan rute perjalanan untuk menuju ke salah satu tempat wisata medan ini? Ada beberapa pilihan jalur yang bisa kita lewati agar bisa sampai ke Danau Linting.

  • Medan >> Simpang Amplas >> Patumbak >> Talung Tenas >> Sibiru-biru >> STM Hilir >> Tiga Juhar
  • Tanjung Morawa >> Bangun Purba >> Sibiru-biru >> STM Hilir >> Tiga Juhar
  • Medan >> Deli Tua >> Patumbak >> Talun Kenas >> Sibiru-biru >> STM Hilir >> Tiga Juhar
  • Lubuk Pakam >> Jalan Raya Galang >> Bangun Purba >> STM Hilir >> Tiga Juhar

Untuk harga tiket masuk ke tempat ini tergolong sangat murah. Cukup bayar 5 ribu rupiah saja per orang. Biaya tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan ya!
lokasi jalan menuju danau linting

Pesona Keindahan Alam Danau Linting

Selain menawarkan pengalaman wisata unik berupa air danau bersuhu hangat, danau ini juga menawarkan pesona keindahan alam yang sangat luar biasa. Kondisi air yang terdapat pada danau ini masih sangat jernih. Selain itu, warna airnya juga bisa berubah – ubah dari bening kebiruan menjadi bening kehijauan.

Lingkungan sekitar danau ini juga masih tergolong cukup asri. Di pinggiran / bagian tepinya, Anda bisa menemui beberapa pohon besar yang rindang.

Tidak jauh dari lokasi danau ini, Anda juga bisa menemui beberapa objek wisata lainnya, seperti gua danau linting, air terjun danau linting, dan jembatan danau linting.
danau linting medan sumatera utara

Misteri Danau Linting

Dibalik keunikan dan keindahan yang dimilikinya, danau ini ternyata juga menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Menurut masyarakat sekitar, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti mengenai asal-usul, penyebab dan waktu terbentuknya danau ini.

Berdasarkan kabar yang beredar, dulunya lokasi danau ini adalah wilayah perbukitan. Suatu malam, terjadi letusan yang diiringi dengan gempa dahsyat. Di pagi harinya, danau ini secara tiba-tiba sudah terbentuk.

Selain misteri tersebut, sampai saat ini tingkat kedalaman danau ini juga masih belum diketahui secara pasti. Masih menurut penuturan masyarakat sekitar, dulu sempat ada seorang peneliti yang mencoba mengukur tingkat kedalaman danau ini menggunakan sebuah alat berbentuk benang.

Anehnya, meskipun ukuran tali yang ditenggelamkan ke danau ini sudah lebih dari 100 meter, alat ukur yang digunakan masih belum berhasil menyentuh bagian dasar danau ini. Sejak saat itu, penelitian tentang kedalaman danau ini langsung dihentikan.
danau linting deli serdang

Aktivitas Wisata di Danau Linting

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Danau Linting tergolong sangat terbatas. Jika di danau-danau lainnya Anda mungkin akan disarankan untuk berenang, di danau ini, Anda sama sekali tidak disarankan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pasalnya, tingkat kedalaman danau ini masih belum diketahui secara pasti. Di lain sisi, sudah ada banyak korban Danau Linting yang meninggal akibat tenggelam.

Satu-satunya aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini adalah mandi dan berendam di pinggiran danau. Dengan suhu airnya yang hangat, berendam di pinggiran danau ini akan terasa sangat mengasyikkan dan menenangkan.
wisata danau linting

Fasilitas Wisata Danau Linting

Fasilitas wisata yang tersedia di Danau Linting tergolong masih sangat terbatas dan kurang memadai. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke tempat ini, jangan harap Anda bisa menikmati fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Namun begitu, walaupun fasilitas wisata di tempat ini belum lengkap, secara keseluruhan tempat ini masih cukup layak untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai objek tujuan wisata bersama dengan keluarga.