Danau Seran, Info Objek Wisata Baru di Banjarbaru

Danau Seran merupakan sebuah objek wisata baru yang terletak di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Objek wisata ini menawarkan pengalaman wisata yang sangat menarik. Walaupun masih baru, gaung namanya sudah banyak tersebar di kalangan wisatawan domestik yang ada di Kota Banjarbaru.
danau seran

Asal Usul Danau Seran

Danau Seran dulunya adalah wilayah pertambangan intan yang dimiliki oleh PT. Galuh Cepaka. Setelah aktivitas pertambangan di tempat ini berhenti, bekas-bekas galian tambangnya akhirnya digenangi air. Nah, genangan air tersebut lah yang saat ini menjadi Danau Seran.

Pesona Danau Seran

Begitu sampai di area danau ini, kita akan disambut dengan sebuah danau berukuran 10 hektar dengan kondisi air yang jernih dan pemandangan alam sekitar yang masih sangat asri. Karena kondisi airnya yang sangat jernih, tidak sedikit pengunjung tempat ini yang tergiur untuk segera menceburkan diri ke dalam danau.
danau seran waterpark banjarbaru

Satu hal yang harus kita ingat, jika ingin berenang di danau ini, kita harus berhati – hati. Pasalnya, tingkat kedalaman danau ini berada di angka 30 meter.

Selain air yang jernih dan kondisi alam sekitar yang asri, Danau Seran juga menawarkan pesona alam tambahan berupa pulau mini yang terletak di bagian tengahnya. Pulau kecil ini adalah pulau yang tidak berpenghuni. Jika mau, kita juga dapat mengunjungi pulau ini dengan memanfaatkan fasilitas perahu tradisional dengan biaya sebesar 5 ribu rupiah per orang, per sekali jalan. Seru bukan?

Aktivitas Wisata di Danau Seran

danau seran banjarbaru
Secara keseluruhan, ada dua aktivitas wisata menarik yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke danau ini.
Aktivitas wisata yang pertama adalah berkeliling wilayah danau dengan menggunakan sepeda air dan perahu dayung. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, kita hanya perlu membayar biaya sewa perahu / sepeda air sebesar 20 ribu rupiah per 30 menit.

Selain berkeliling area danau, di tempat ini kita juga bisa berburu kuliner khas Banjarbaru. Di pinggiran danau, ada banyak masyarakat sekitar yang menjajakan berbagai jenis olahan kuliner khas Banjarbaru dengan harga yang sangat terjangkau.
danau seran banjarmasin

Selain dua aktivitas wisata tersebut, ada beberapa aktivitas wisata lain yang bisa kita lakukan di tempat ini, yaitu: berenang, bermain air, memancing, dll.

Fasilitas Wisata di Danau Seran

Meskipun tempat wisata satu ini masih tergolong baru, fasilitas wisata di Danau Seran sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, tempat berteduh, tempat duduk, sampai dengan tempat makan, semuanya sudah tersedia di sekitar danau ini.

Lokasi Danau Seran

Jika kita tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasinya ada di Guntungmanggis, landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Akses wisata ke tempat ini tergolong sudah cukup baik. Namun begitu, karena lokasinya yang cukup terpencil, agar tidak kesasar ada baiknya juga kita memanfaatkan fasilitas GPS.
rute dan akses jalan menuju danau seran

Rute perjalanan bisa ditempuh dari kota Banjarmasin, ambil arah ke Banjarbaru. Setibanya di persimpangan Guntung Manggis (markas Brimob Banjarbaru), ambil ke kanan. Jalan terus menuju Palam kurang lebih 5-6 kilometer, nanti kita akan menemukan plang nama Danau Seran.

Bila kita ingin memanfaatkan moda transportasi umum, satu – satunya moda transportasi yang bisa kita gunakan adalah ojek. Namun begitu, karena ketersediaan layanan ojek yang cenderung tidak menentu, bila hendak berkunjung ke tempat ini, kita sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, entah itu sepeda motor ataupun mobil.

Tiket Masuk ke Danau Seran

Berapa sih biaya yang mesti dikeluarkan? Saat artikel ini di tulis, tiket masuk ke tempat wisata ini masih digratiskan. Namun begitu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil pribadi.