Pesona Wisata Alam Malino Highland Makassar

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia Timur yang banyak menyimpan tempat-tempat wisata alam yang eksotis. Mulai dari wisata pantai, air terjun, gunung, kebun binatang, dan kebun teh. Salah satu wisata alam yang terkenal adalah Malino Highland yang berada tak jauh dari Kota Makassar.

Malino Highlands merupakan dataran tinggi yang menyuguhkan hamparan kebun teh yang luas yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Dulunya Malino Highland merupakan area perkebunan teh, seluas 900 hektare. Karena banyak yang berkunjung ke sini, maka akhirnya pihak pengelola membuka tempat ini sebagai tempat wisata untuk umum.
malino highland

Wisata Malino Highland ini juga digadang-gadang menjadi Landmark Sulawesi karena keindahannya yang begitu luar biasa. Oleh karena itu, bagi yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata alam satu ini. Obyek wisata Malino Highland juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Disini sudah tersedia berbagai macam villa atau resort.

Lokasi Malino Highland

Letak dari obyek wisata Malino Highland berada di alamat Kecamatan Tinggimoncag, Kabupaten Goa, Provinsi Sulawesi Selatan. Obyek wisata ini buka setiap saat selama 24 jam setiap harinya.

Rute Menuju Malino Highland

Dari Kota Makassar bisa diakses menggunakan mobil, sepeda motor, dan juga bus agar bisa sampai di Malino Highland. Jalan menuju ke Malino Highland berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Makassar. Dan ini bisa ditempuh selama dua setengah jam perjalanan jika jalannya tidak macet. Rute perjalanan dari pusat Kota Makassar ambil jalur yang menuju arah selatan. nanti akan ada penunjuk jalan yang akan membimbing kita menuju Malino Highland. Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini, kita akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang sangat memukau.
harga tiket karcis biaya masuk malino highland

Harga Tiket Masuk Malino Highland

Jika kita hendak berkunjung ke Malino Highland kita harus membayar tarif tiket masuk sebesar Rp. 50.000 untuk orang dewasa dan Rp. 25.000 untuk anak-anak. Meskipun biaya tiket masuk nya terbilang cukup mahal, namun harga ini sudah sebanding dengan fasilitas yang disediakan di Malino Highlands. Kita juga bisa datang kapan saja, karena tempat wisata ini buka setiap hari.

Fasilitas & Aktifitas Di Malino Highland

Ada banyak fasilitas dan kegiatan yang bisa kita lakukan jika berkunjung ke Malino Highlands, antara lain:
Menginap Di Hotel
Di Malino Highland terdapat berbagai jenis villa dengan harga yang cukup bervariasi, mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Harga biaya penginapan yang ada di Malino Highland berkisar antara Rp. 1.750.000 permalam hingga Rp. 10.000.000 permalam tergantung jenis villa dan hari yang kita gunakan. Alangkah lebih baik jika kita memesan jauh-jauh hari sebelum kita datang ke Malino Highland.

Dari villa ini kita akan disuguhkan panorama keindahan Malino Highlands. Untuk masalah fasilitas, tiap villa memiliki fasilitas yang berbeda-beda yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Villa-villa yang ada di Malino Highland memiliki desain arsitektur yang unik. Bentuk desain arsitekturnya bergaya Jepang lengkap dengan staff villa nya yang memakai baju kimono. Pokoknya kita akan berasa menginap di Negara Jepang.
biaya menginap hotel villa dan harga penginapan di malino highland

Jogging
Satu kegiatan yang tak boleh kita tinggalkan ketika kita menginap di Malino Highlands adalah jogging. kita akan merasakan sensasi jogging di tengah kebun teh yang udaranya masih fresh dan alami. Jauh dari polusi dan udara kotor. Dijamin bakal bikin pikiran kita fresh kembali deh. Stress akan langsung hilang.

Bersantai Sejenak Di Cafe Green Peko
Pernahkah kita merasakan sensasi nongkrong di kafe diatas bukit? Jika belum kita bisa mencobanya disini. Di Malino Highland terdapat kafe yang bernama Cafe Green Peko. Disini kita bisa nongkrong sambil menikmati indahnya panorama Malino Highland dari atas ketinggian 1.200 meter diatas laut. Menikmati kesejukan alam sambil ditemani snack dan green tea asli produksi dari kebun the Malino Highlands. Ada sensasi tersendiri jika kita minum teh hijau langsung dari kebunnya sendiri.
cafe hotel villa resort guest house malino highland

Paralayang
Di Malino Highland kita bisa melihat kegiatan paralayang, atau jika kita punya nyali kita bisa mencoba untuk terbang menggunakan parasut. Tak perlu takut akan jatuh atau gagal dalam pendaratan, karena kita akan ditemani oleh petugas yang sudah ahli.

Menunggang Kuda
Sepertinya kegiatan menunggang kuda adalah kegiatan yang juga tak boleh dilupakan. Menunggang kuda menembus hutan pinus ataupun mengelilingi area perkebunan teh yang cukup luas akan memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri. Bagi kita yang hobi berkuda kita bisa melakukan kegiatan tersebut disini.

Bersepeda Santai
Jika kita kurang tertarik untuk berkuda, kita bisa menggunakan sepeda untuk mengelilingi area perkebunan teh di Malino Highland. Tak perlu khawatir tidak membawa sepeda, karena fasilitas di Malino Highland juga sudah tersedia tempat penyewaan sepeda.

Outbound
Jika kita hobi melakukan outbound, di Malino Highlands juga tersedia berbagai fasilitas untuk kegiatan outbound. Malino Highland ini juga banyak digunakan sebagai tempat outbound perusahaan, kampus, ataupun sekolah.

Berkunjung Ke Air Terjun Takapala
Di Malino Highland kita tak hanya dapat menikmati keindahan kebun teh, saja. Disini kita juga bisa berkunjung ke Air Terjun Takapala. Letaknya cukup dekat kok, yakni hanya berjarak sekitar 600 meter saja dari Malino Highland. Disini kita dapat bermain air sepuasnya di kolam dibawah air terjun. Air terjun ini tingginya sekitar 100 meter. Namun sayang pada ketinggian sekitar 30 meter air terjun ini sudah mulai tertutup kabut. Dan jika kita beruntung kita bisa melihat pelangi di Air terjun ini. Dibawah air terjun ini terdapat sebuah goa kecil. kita bisa masuk kedalam goa dan kita bisa bermain air sepuasnya disana.
objek wisata malino highland

Hunting Foto
Karena pemandangan di Malino Highland ini sangat indah, tak sedikit para fotografer yang berkunjung ke Malino Highlands untuk melakukan pemotretan. Bahkan di tempat wisata ini ini juga sering dijadikan spot untuk foto prewedding bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan.

Melihat Festival Laying-Layang
Jika beruntung kita bisa melihat festival laying-layang yang diadakan disini. Ada berbagai jenis layang-layang yang diperlombakan disini. Umumnya laying-layang tersebut memiliki bentuk yang unik dan beraneka ragam. Lomba ini tak hanya diikuti oleh peserta dari dalam wilayah, namun tak sedikit yang datang dari luar wilayah.

Perlu diketahui bahwa suhu di area Malino Highland adalah antara 10 derajat celcius hingga 26 derajat celcius. Jadi, disarankan agar membawa pakaian hangat jika berkunjung kesini. Jarak pandang juga terbatas, yakni hanya 100 meter saja, karena area ini seringkali tertutup oleh kabut. Jadi bagi pengendara harap berhati-hati jika berkendara.

Menurut pihak pengelola di Malino Highland akan dibangun sekitar 200 resort dan 400 villa. Bukan hanya itu saja, pihak pengelola juga akan membangun mini kebun binatang lengkap dengan fasilitas ala jepang, teropong raksasa sehingga pengunjung akan dapat melihat benda-benda angkasa. Rencana ini akan direalisasikan dalam waktu dekat. Wah sepertinya wisata Malino Highlands akan benar-benar menjadi Landmark Sulawesi.

Leave a Reply