Wisata Pulau Labengki, Miniaturnya Raja Ampat

Pernahkah mendengar nama Pulau Labengki? Mungkin tak banyak dari kita yang mengetahui keberadaan pulau cantik bak surga yang berada di Sulawesi Tenggara ini. Provinsi Sulawesi Tenggara bukan hanya memiliki Pulau Wakatobi saja yang terkenal akan keindahannya, namun juga memiliki Pulau Labengki yang tak kalah panoramanya. Lokasi Wisata Pulau Labengki terletak di Kabupaten Konawe Utara, Propinsi Sultra.

Banyak orang yang menyebut Pulau Labengki ini sebagai Raja Ampatnya Sulawesi Tenggara. Hal ini karena Pulau Labengki ini memiliki beberapa gugusan pulau-pulau kecil seperti yang ada di Raja Ampat Papua. Jika kita melihat dipeta ada dua jenis Pulau Labengki yakni Pulau Labnegki Besar dan Pulau Labengki kecil.
Wisata pulau Labengki

Rute Menuju Palau Labengki

Bagaimana cara menuju pulau Labengki? Apakah aksesnya sulit? Bagi yang hendak berkunjung, jika berangkat dari Kota Kendari yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Tenggara, kita bisa mengambil jalur darat menuju Toli-toli Kabupaten Konawe. Jarak tempuhnya kira-kira 1 jam perjalanan.

Selepas dari Toli-toli ini perjalanan dilanjutkan dengan menempuh jalur laut menggunakan kapal motor yang sudah disediakan oleh warga setempat. Setelah menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 3 jam, maka kita akan tiba di Pulau Labengki.

Selama perjalanan kita akan melihat indahnya laut yang biru. Atau jika kita mau, kita bisa memberi makan ikan-ikan kecil yang bisa kita temui selama perjalanan. Atau jika kita beruntung nih ya, akan ada ikan lumba-lumba yang melompat dan berenang mengikuti kapal motor kita. Wow.. sungguh menyenangkan bukan?

Sebagai tambahan info jika kita akan berkunjung ke Pulau Labengki, jangan lupa menyiapkan uang recehan ya. Karena dilaut akan ada banyak anak-anak kecil yang berenang berharap mendapatkan lemparan koin dari para penumpang kapal. Nah setelah kita tiba di Pulau Labengki kita akan langsung disambut oleh anak-anak kecil penduduk asli setempat, suku Bajo.

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Labengki

Cara ke pulau Labengki
Wisata Pulau Labengki memang bisa dibilang tempat wisata yang masih baru. Jadi jangan heran jika fasilitas yang disediakan di Pulau Labengki ini belum terlalu banyak. Namun jangan khawatir, kita bisa menggunakan fasilitas toilet atau penginapan milik Posko Resort. Jadi setelah kita bermain air, kita bisa mandi atau membilas diri di kamar mandi milik Posko Konservasi ini.

Atau jika kita mau kita bisa menumpang mandi atau menginap di rumah warga Suku Bajo loh. Mereka sangat friendly kok dan bahkan tidak mematok tarif untuk biaya penginapannya. Sebenernya sih sudah disediakan tenda-tenda untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Labengki ini. Namun, tak sedikit pula yang memilih menginap di rumah warga sekitar yang memang terkenal ramah.

Kegiatan Menarik Di Pulau Labengki

Ada banyak aktifitas yang bisa kita lakukan jika kita berkunjung ke Pulau Labengki ini. Bagi kita yang memiliki suka snorkeling, kita bisa menyalurkan hobi kita di tempat ini. Laut di Pulau LaBengki ini sangat jernih. Kondisi ombaknya yang tak terlalu besar. Laut di sekitar tidak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk kegiatan menyelam.

Di Pulau Labengki ini kita juga bisa melihat Kerang Raksasa atau Kima. Besarnya tak tanggung-tanggung, bahkan bisa mencapai 50 cm. dan hebatnya lagi, Kima asli dari Pulau Labengki ini juga menjadi kerang terbesar yang ada di dunia saat ini. Jadi Pulau Labengki ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian dan penangkaran kerang tersebut.
Akses perjalanan ke Pulau Labengki

Bagi yang memiliki hobi memancing kalau berkunjung ke Pulau Labengki, jangan lupa membawa perlengkapan memancing. Karena di pulau ini kita bisa memancing sepuasnya. Ada banyak jenis ikan yang terdapat di pulau cantik yang dianggap sebagai miniaturnya Raja Ampat ini. Seperti ikan kakap merah, ikan tuna sirip kuning, kerapu, barakuda, dan ikan lainnya. kita pun bisa langsung membakarnya dan menikmatinya di pinggir pantai sambil menikmati indahnya Pulau Labengki.

Pulau Labengki juga memiliki teluk cinta yang wajib disambangi. Perjalanannya cukup dekat dari perkampungan warga Suku Bajo. Jika ditempuh dengan kapal motor hanya butuh waktu 20 menit perjalanan. Teluk Cinta menyuguhkan spot foto yang unch unch dan romantic banget pokoknya. Di Teluk Cinta ini juga terdapat satu buah villa yang memang diperuntukkan bagi wisatawan yang hendak bermalam. Tapi harganya cukup mahal ya.

Kalau ke Pulau Labengki jangan lupa ya untuk berfoto di beberapa spot Raja Ampatnya Sulawesi Tenggara ini. Untuk mendapatkan spot terbaik, kita bisa menaiki bukit yang ada di Teluk Cinta. Dari puncak Teluk Cinta inilah kita akan mendapatkan spot foto terbaik dengan background gugusan pulau-pulau kecil yang mirip banget sama di Raja Ampat. Meskipun gak sebanyak yang ada di Raja Ampat sih. Eits, tapi butuh perjuangan loh kalau mau naik ke atas bukit ini. Jadi biar kaki nggak lecet jangan lupa pakai sepatu gunung ya.

/* */