Pulau Padar, Surga Tersembunyi Taman Nasional Komodo

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo. Bentang alam yang ditawarkan sangat eksotik. Mayoritas lingkungan di sini berupa sabana dan stepa. Pohon perdu, rerumputan dan semak-semak belukar ada dimana-mana. Struktur tanah yang panas dan mengering mirip seperti daerah setengah gurun (padang rumput).

Walaupun pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo, namun komodo tidak hidup di pulau ini. Hal ini dikarenakan Pulau Komodo dan Pulau Padar memiliki jarak yang cukup jauh dan dipisahkan oleh wilayah perairan laut yang sangat lebar. Namun, berdasarkan keterangan beberapa tour guide lokal, ada beberapa komodo yang tinggal di sini.
pulau padar pulau padar labuan bajo

Rupanya binatang melata berkaki empat ini dibuang ke Pulau Padar karena telah melukai pengunjung ketika berada di tempat asalnya (Pulau Komodo). Ketika itu Pulau Padar belum dibuka sebagai daerah tujuan wisata. Umumnya komodo-komodo tersebut berada di lembah yang sepi yang tidak terjangkau para pelancong. Meskipun demikian, kita tetap mesti waspada jika berkunjung kesana.

Aktifitas Wisata di Pulau Padar

pulau padar flores ntt backpacker padar island flores tour paket wisata
Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pulau cantik cukup banyak. Mayoritas pengunjung pulau ini biasanya hanya melakukan dua aktivitas utama saja, yaitu menikmati indahnya pemandangan sekitar dan mengambil foto dengan latar belakang gugusan Pulau Padar. Padahal, selain melakukan dua aktivitas tersebut ada banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan seperti: snorkeling, berenang di pinggiran pantai, bermain pasir, treking naik bukit, dll.

Khusus untuk pengunjung yang berangkat di siang hari dan baru sampai di sore hari, pulau ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya panorama matahari tenggelam. .

Namun begitu 1 hal penting yang perlu diingat, jika kita berangkat ke pulau ini di siang hari, kita harus siap menanggung resikonya, yaitu terik matahari yang sangat luar biasa. Sebaiknya siapkan sunblock jika tak mau kulit terbakar :).

Lokasi Pulau Padar

wisata pulau padar
Letak Pulau Padar ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Mayoritas orang yang datang ke pulau ini biasanya berangkat dari Labuhan Bajo yang ada di Flores. Lama perjalanan berkisar 2 hingga 3 jam tergantung jenis perahu yang kita tumpangi. Sementara itu jika ditempuh dari Pink Beach dengan naik speed boat sendiri, maka akan jauh lebih cepat, estimasi sekitar 45 menit sudah sampai ke lokasi tujuan.

Bagaimana dengan mereka yang dari Jakarta? Cara ke Pulau Padar dari Jakarta tergolong agak sedikit ribet. Rute perjalanan pertama kita harus berangkat ke Labuhan Bajo yang ada di Flores terlebih dahulu. Saat ini baru ada satu maskapai penerbangan saja yang menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta di Labuhan Bajo, yakni Garuda Indonesia. Jika kita tidak ingin menggunakan maskapai tersebut, maka mau tidak mau kita harus “ngeteng” dengan cara transit dulu dari Bali atau Lombok.

Nah, sesampainya di Labuhan Bajo akses perjalanan selanjutnya menggunakan fasilitas kapal penyeberangan yang sedang melakukan open trip. Penting untuk diingat, sistem kapal penyeberangan menuju ke pulau ini adalah open trip. Jadi, kapalnya tidak beroperasi mengikuti jadwal waktu tertentu, sehingga jika kita ingin menyeberang ke Pulau Padar maka mau tidak mau kita harus mengikuti open trip yang ada.

Atau sebagai alternatif lain, jika mau kita juga bisa memanfaatkan fasilitas speed boat, dengan harga yang lebih mahal tentunya.

Biaya ke Pulau Padar

biaya ke pulau padar letak lokasi trip cara menuju ke pulau padar
Berapa kocek yang harus disiapkan? Besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa berwisata ke pulau ini sangat bergantung pada dari mana kita berangkat. Nah, di tulisan ini akan dibuat kalkulasi biaya untuk perjalanan dari Kota Jakarta.

Biasanya, rata-rata harga tiket penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuhan Bajo berada di kisaran 1,7 – 2 juta rupiah. Jika kita ingin menginap, rata-rata tarif penginapan termurah di Labuhan Bajo berada di kisaran 350 ribuan rupiah. Untuk aktivitas penyeberangan dari Labuhan Bajo ke Pulau Padar, rata-rata kocek yang dihabiskan berada di angka 200 ribuan rupiah per orang. Totalnya, silahkan dikalkulasi sendiri!

Gimana? Terlalu mahal? Jika biaya di atas terlalu mahal, kita dapat menggunakan tour paket wisata yang sering diadakan oleh komunitas backpaker. Biasanya, untuk aktivitas liburan ke Labuhan Bajo selama 3 hari 2 malam biayanya hanya sekitar 1,2 jutaan saja (sudah mencakup semua biaya). Pilihan ini tentu jauh lebih murah bukan?