Pulau Togean, Wisata Surga Tersembunyi Sulawesi Tengah

Wisata Sulawesi terkenal banyak memiliki keindahan laut yang masih alami. Pulau-pulau nya menyuguhkan keindahan laut yang begitu luar biasa. Salah satu pulau indah yang bisa didatangi adalah kepulauan togean. Sebetulnya daerah ini merupakan gugusan dari beberapa pulau besar dan kecil. Karena itulah disebut Kepulauan Togean. Namun, banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan Pulau Togean saja.

Kepulauan Togean ini juga merupakan Taman Nasional laut terbesar yang ada di Indonesia. Luasnya mencapai 70.000 hektare berupa daratan dan 292.000 hektare berupa lautan. Kepulauan Togean terdiri dari 7 pulau utama yang banyak disinggahi oleh para wisatawan. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Kadidiri, Pulau Waleabahi, Pulau Malenge, Pulau Una-una, Pulau Talatakoh, Pulau Batudaka, dan Pulau Waleakodi. Selain Pulau-pulau tersebut sebenarnya masih banyak pulau-pulau kecil lannya.
Wisata Pulau Togean

Mungkin tak banyak dari kita yang mengetahui keindahan yang dimiliki oleh Pulau Togean Sulawesi ini. Untuk itulah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pulau Togean. Berikut ulasan selengkapnya.

Lokasi Pulau Togean

Dimana letaknya? Secara administrative Pulau Togean masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah dan tepatnya berada di Teluk Tomoni.

Rute Menuju Pulau Togean

Ada beberapa rute perjalanan yang bisa kita tempuh untuk bisa sampai ke Pulau Togean. Berikut ini jalur yang bisa kita ambil sebagai cara menuju ke Pulau Togean:
Kalau dari Jakarta kita bisa naik pesawat menuju Bandara di Mutia Palu. Pertama-tama kita menuju ke Ampana. Jarak dari Kota Palu ke Ampana sangat jauh ya. Trip ke sana berjarak sekitar 375 km. Cukup melelahkan memang, namun kita tak akan bosan jika melihat pemandangan disekeliling jalan yang dilewati. Nah, setelah tiba di Ampena, kita akan dibawa langsung menuju Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Dari sinilah petualangan akan dimulai.

Rute yang kedua kalau kita dari Bandara Surabaya bisa naik pesawat langsung menuju ke Bandara yang ada di Luwuk. Bandara Luwuk hanya melayani penerbangan dari Surabaya dan Makassar (Ujung Pandang) saja. Dari Luwuk naik taksi menuju Ampena. Jaraknya cukup dekat hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam hingga 5 jam perjalanan tergantung kondisi jalan saat itu.
Cara ke Pulau Togean

Penginapan Pulau Togean

Fasilitas yang ada di Pulau Togean bisa dibilang sudah cukup lengkap. Pihak pengelola sudah menyediakan banyak penginapan seperti resort, cottage, atau wisma. Harganya pun bervariasi. Berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000 tergantung jenis akomodasi yang akan kita gunakan. Mau berbaur dan menginap di rumah warga setempat juga bisa lho. Hal ini biasanya dilakukan oleh para backpacker. Mereka lebih menyukai untuk tinggal di rumah penduduk saja karena para warga asli Suku Bajo yang ada di Pulau Togean juga menyediakan rumahnya untuk ditinggali para wisatawan. Dan kadangkala mereka tak memunggut biaya sepersenpun untuk wisatawan yang datang.
Penginapan di Pulau Togean

Kegiatan Wisata Di Pulau Togean

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menikmati keindahan Pulau Togean. Mulai dari bermain pasir putih di pinggir pantai, memancing ikan, snorkeling, diving, hingga berlayar mengelilingi pulau-pulau yang ada disekitar Pulau Togean. Bagi para penggemar satwa, disini kita akan menemukan berbagai jenis binatang langka yang hanya ada di Kepualuan Togean. Salah satunya adalah Tangkasi yang memiliki nama latin Tarsius Spectrum. Binatang ini merupakan hewan yang tubuhnya kecil seperti seekor tikus. Tangkasi ini hanya dapat ditemukan pada malam hari saja. Waktu tersebut mereka keluar untuk mecari makan. Makanan kegemaran mereka berupa kecoa, jangkrik, dan beberapa jenis serangga kecil lainnya. Sementara di siang hari mereka tidur dan tidak akan keluar dari sarangnya.

Di Kepulauan Togean ini kita bisa melihat jenis karang yang hidup dalam satu tempat. Karang-karang tersebut antara lain karang pantai, karang barier, dan karang atol. Fenomena ini dijamin tak akan kita temukan ditempat lain. Sungguh hal menkjubkan yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Togean ini. Karena itulah Kepulauan Togean ini dijadikan Taman Nasional.
Wisata kepulauan togean

Dari banyak pulau yang ada di Kepulauan Togean ini, ada dua pulau yang banyak menarik minat para wisatawan. Mereka adalah Pulau Batudaka dan Pulau Kadidiri. Di Pulau Batudaka terdapat sebuah desa yang menjadi pemukiman warga suku Bajo. Namanya adalah Desa Bomba dan Desa Wakai. Di Desa Bomba kita bisa melakukan kegiatan snorkeling dan berenang. Karena di desa ini ombaknya tak terlalu besar. Selain itu jika mau, kita bisa berkunjung ke Goa kelelawar yang letaknya tak jauh dari Desa Bomba. Kita dapat menempuhnya dengan berjalan kaki.

Jika belum puas snorkeling di Desa Bomba, kita bisa mengunjungi Pulau Kadidiri. Kita bisa berangkat dari Desa Wakai. Di Pulau Kadidiri kita bisa melanjutkan kegiatan berenang, menyelam, dan snorkeling. Di Pulau ini ada banyak sekali pantai indah dengan pasir putih. Dan jika ingin melihat kepiting karang secara langsung dihabitatnya, disinilah tempatnya. Bagi yang ingin bermalam di disini juga bisa. Karena disini sudah tersedia beberapa penginapan dengan harga yang cukup murah. Jadi jika kepincut, kita bisa stay di di Pulau Kadidiri ini selama beberapa hari.

Bagaimana, tertarik untuk menikamti keindahan Pulau Togean ini? Ayo segera ajak teman, keluarga, atau pasangan untuk segera berlibur ke Kepulauan Togean ini ya.

Leave a Reply